Daftar Harga Triplek Multiplek Terbaru 2018

harga triplek

Daftar harga triplek multiplek yang ada di pasaran berbeda-beda tiap tahunnya, kadang naik kadang turun. Tergantung dari fluktuasi jumlah pembeli dan ketersediaan barang. Di Indonesia, jenis multiplek paling banyak digemari oleh konsumen. Hal ini dikarenakan jenis ini terbuat dari olahan kayu yang lebih kuat jika dibandingkan dengan triplek lainnya. Dengan kualitasnya yang kuat, banyak produsen furnitur atau pemilik rumah memanfaatkan multiplek sebagai material bangunan. Selain karena kualitas bagus, multiplek banyak digemari juga karena bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti untuk pembuatan pintu, meja, lemari, dinding rumah, dan semacamnya. Berkat fungsinya yang komplek inilah yang membuat multiplek dijual dengan lumayan mahal. Namun, jika dipikir-pikir, harga ini tidaklah seberapa jika dibandingkan dengan keawetannya dan mampu bertahan hingga sepuluh tahun lamanya.

Sebelum masuk dalam pembahasan daftar harga triplek multiplek, lebih baik mengenali secara singkat mengenai jenis-jenisnya. Selain multiplek, di Indonesia juga ada yang namanya partikel board. Partikel board sangat mudah rusak jika terkena air. Selain itu ada juga blockboard, teablock, melamin dan MDF yang memiliki keunggulannya masing-masing. Setiap macam jenisnya ini terbuat dari bahan dasar berbeda-beda sehingga memliki kualitas yang berbeda pula. Triplek dengan kualitas yang baik tentu akan menghasilkan barang yang baik pula. Sebenarnya kayu lapis hadir sebagai jawaban atas kayu yang semakin mahal dan susah didapat. Oleh karena itu, banyak produsen mebel ataupun pembuat bangunan mengganti sebagian material yang menggunakan kayu dengan triplek.

Jika anda tertarik menggunakan produk kayu lapis sebagai salah satu bahan bangunan, tidak ada salahnya untuk melihat daftar harga triplek multiplek pada gambar di atas. Harga di atas ditentukan oleh ukuran dan jenisnya. Semakin lebar dan tebal, maka semakin tinggi pula harganya. Dengan teksturnya yang kuat, triplek paling banyak digunakan sebagai bahan pembuatan dinding rumah. Saat ini banyak pendirian rumah minimalis yang memanfaatkan triplek ini. Selain multiplek, jenis yang cukup banyak dijadikan dinding adalah triplek melamin. Hal ini dikarenakan triplek melamin memiliki banyak pilihan warna yang tentu dapat mempercantik rumah.

Sebenarnya ada banyak faktor yang membuat harga triplek multiplek naik. Salah satunya adalah karena meningkatnya biaya produksi dan operasional pembuatannya. Hal ini bisa terjadi karena meningkatnya bahan bakar. Selain itu, triplek juga bisa mengalami kenaikan jika serat kayu sebagai bahan dasarnya sulit didapat atau harganya naik. Meski begitu, triplek sebenarnya menawarkan kita banyak kemudahan. Di antaranya adalah dapat mempercepat proses pembangunan rumah atau pembuatan furnitur. Dari daftar yang tersedia pada tabel di atas, anda bisa menaksir kira-kira berapa biaya yang perlu dipersiapkan sebagai modal membangun rumah atau membuat barang lainnya. Untuk mendapatkannya anda bisa mengunjungi toko bangunan terdekat yang menawarkan yang paling terjangkau.