Harga Plywood Berdasarkan Pada Jenisnya

harga plywood

Harga Plywood sangatlah bervariasi di pasaran. Mulai dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Tergantung ukuran dan kerumitan pembuatannya. Bagi sebagian orang nama Plywood mungkin terdengar asing, sebab kata ini memang jarang digunakan dalam bahasa sehari-hari. Padahal plywood ini sebenarnya adalah tripleks atau kayu lapis. Dan, bila lapisan kayunya lebih dari satu maka disebut Multipleks. Plywood terdiri dari beberpa lapisan tipis yang direkatkan dengan lem khusus. Berdasarkan bahan-bahan pembuatannya, Plywood termasuk benda yang tidak mudah pecah atau retak. Mulanya, Plywood diciptakan untuk memenuhi kebutuhan papan yang lebar dan tahan lama. Hal ini dikarenakan sangat sulit untuk mencari kayu yang memiliki bidang luas dan datar. Terlebih kayu biasanya mudah mengalami penyusutan, melengkung dan pecah.

Secara harga Plywood termasuk tripleks yang terjangkau. Penggunaan material ini untuk meminimalisir penggunaan kayu yang justru dapat membahayakan lingkungan karena penebangan pohon. Di sisi lain, Plywood ini hadir untuk menawarkan pengganti kayu yang harganya sangat murah. Tripleks ini sangat cocok untuk digunakan di Indonesia yang iklimnya kerap berubah-ubah. Sebab, salah satu kelebihan dari Plywood ini adalah tahan terhadap penyusutan. Meski begitu, bukan berarti Plywood tahan terhadap air atau terik panas matahari, tripleks ini paling cocok diletakkan di dalam ruangan.  Plywood memiliki banyak ukuran dan jenis yang menawarkan kelebihan berbeda-beda.

Sebelum masuk dalam pembahasan harga plywood, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu jenis-jenis dari plywood yang ada. Plywood di Indonesia secara umum memiliki enam jenis yaitu multiplek, partikel board, blockboard, teablock, melamin dan MDF yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jenis-jenis triplek ini terbuat dari bahan dasar berbeda-beda sehingga menghasilkan kualitas yang berbeda pula. Sebelum membeli, anda perlu mengenali lebih dalam mengenai kekurangan dan kelebihan tiap jenis triplek. Jenis partikel board misalnya, triplek jenis ini memiliki bahan yang mudah luntur dan rusak jika terkena air. Jenis ini berada di bawah triplek multiplek yang secara bahan dan keawetannya memang bagus.

Jika anda berminat membeli plywood, terlebih dahulu lebih baik mengetahui harga triplek tiap jenis dan ukuran triplek. Berikut daftar harga yang disajikan khusus untuk anda:

Harga di atas akan mengalami perubahan sesuai dengan fluktuasi ekonomi yang berkembang. Di setiap daerah biasanya juga memasang tafir berbeda, tergantung dari biaya produksi dan biaya kirim. Lebih baik anda mempetimbangkan harga terlebih dahulu sebelum membeli plywood. Bila perlu cari toko sebanyak-banyaknya kemudian beli di  toko yang menjual dengan harga paling murah.