Harga Triplek Melamin per Lembar Terbaru 2018

harga triplek melamin per lembar

Harga triplek melamin per lembar terus mengalami perubahan harga setiap tahunnya. Tergantung dari naik-turunnya jumlah pembeli dan ketersediaan barang. Hal ini yang membuat harga triplek kadang naik kadang turun. Triplek terkenal dengan manfaat dan fungsinya yang banyak. Di Indonesia, salah satu jenis triplek yang banyak dicari adalah triplek melamin. Hal ini dikarenakan triplek ini kualitas dan warna yang kuat dan bervariasi jika dibandingkan dengan triplek lainnya. Dengan kualitasnya yang kuat, banyak produsen furnitur atau pemilik rumah memanfaatkan melamin sebagai material bangunan. Selain karena kualitas bagus, melamin banyak digemari juga karena bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti untuk pembuatan pintu, meja, lemari, dinding rumah, dan semacamnya. Berkat fungsinya yang komplek inilah yang membuat melamin dijual dengan harga lumayan mahal. Namun, harga ini sebenarnya  tidaklah seberapa jika dibandingkan dengan keawetannya dan mampu bertahan hingga sepuluh tahun lamanya.

Dalam menentukan harga triplek melamin per lembar, pedagang biasanya berpatokan pada ukuran dan jenis triplek. Salah satu fungsi dari triplek melamin yang paling banyak diterapkan yaitu sebagai bahan dekorasi rumah. Bahan yang menjadi dasar pembuatan triplek ini berasal dari campuran melamin dan polyster yang dicampur dengan bahan pewarna. Hal inilah yang membuat triplek melamin memiliki banyak warna, di antaranya adalah hijau, biru muda, cream, dan hijau muda. Warna dasarnya adalah putih. Namun, jika anda menginginkan warna khusus, bisa mendapatkannya dengan cara memesan terlebih dahulu kepada produsennya. Triplek jenis ini memiliki ukuran standard yaitu berukuran 2mm dan 3 m. Penggunaan dari triplek melamin cukup familiar dengan kehidupa sehari-hari kita yaitu sebagai white board, kitchen set dan bahan mebel lainnya.

Harga triplek melamin per lembar yang beredar di pasaran saat ini cukup bersaing dengan triplek jenis lainnya. Untuk satu lembar triplek melamin doff cap kunci dibandrol seharga 100 ribu rupiah dan untuk melamin kilap cap kunci 98 ribu rupiah. Harga ini memang berada di atas triplek yang lain. Namun, jika mengingat kelebihan yang didapat, tidak ada salahnya menggunakan material satu ini. Adapun kelebihan yang ada pada triplek ini adalah permukaanya yang lembut dan licin. Kelebihan ini yang membuat melamin cocok dijadikan white board. Selain itu, jika digunakan sebagai dinding atau perkakas mebel lainnya juga sangat sesuai karena kehalusannya akan membuat orang nyaman menggunakannya. Dan, kelebihan yang paling penting adalah triplek melamin ini tidak mudah termakan oleh rayap dan pelapukan. Hal ini karena adanya lapisan yang menutup celah bagi masuknya rayap. Sedangkan kekurangannya adalah triplek ini tidak bisa dilapisi atau ditambal dengan benda lain.

Faktor lain yang dapat mempengaruhi harga triplek melamin per lembar adalah faktor produksi dan biaya operasional dalam pembuatannya. Hal ini bisa membuat harga triplek sewaktu-waktu bisa berubah, tergantung dari kemudahan dalam memperoleh bahan pembuatan. Meski begitu, triplek sebenarnya menawarkan kita banyak kemudahan. Dari harga yang dipatok untuk tiap lembar triplek melamin di atas, anda bisa menaksir kira-kira berapa biaya yang perlu dipersiapkan sebagai modal membangun rumah atau membuat barang lainnya. Jangan sampai modal yang dipersiapkan untuk membangun rumah malah habis untuk keperluan membeli triplek. Pastikan membeli triplek yang ukurannya sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai rugi karena banyak potongan yang tersisa. untuk meminimalisir hal ini diperlukan perhitungan yang cermat dan tepat. Untuk mendapatkannya anda bisa mengunjungi toko bangunan terdekat yang menawarkan harga yang terjangkau.