Macam macam Triplek yang Ada di Indonesia

macam macam triplek

Macam macam triplek di Indonesia cukup banyak. Setiap jenisnya terbuat dari bahan berbeda-beda. Hal inilah yang membuat tiap harganya berbeda-beda. Tergantung dari komposisi yang ada di dalamnya. Jika anda berminat untuk membeli triplek namun bingung memilih triplek yang mana, lebih baik baca tulisan ini sampai selesai. Jenis-jenis triplek sangat penting diketahui, sebab anda bisa mengenal lebih jauh kira-kira triplek jenis apa yang anda butuhkan. Di Indonesia saat ini ada enam jenis triplek yang tersedia di pasara yang bisa anda lihat di bawah ini.

Macam macam triplek di pasaran

Pertama, Partikel Board. Jenis ini adalah jenis olahan kayu yang memiliki kualitas paling rendah di kelasnya. Triplek jenis ini tidak bisa terkena oleh air karena akan segera luntur dan lapuk. Bahan dasar dari triplek ini adalah serbuk atau serutan kayu sehingga sangat rentan lebur oleh air.

Macam macam triplek kedua adalah multiplek. Triplek ini terbuat dari olahan kayu yang lebih kuat dibandingkan partikel board. Kulit kayu yang melapisinya terbuat dari dasar plywood yang kuat. Kerapatan tiap kayu yang melapisinya lebih padat dan solid. Hal ini membuat triplek ini memiliki kekuatan dan keawetan yang tahan lama, terutama dari percikan air. Dengan penggunaan yang baik, triplek jenis ini awet digunakan hingga sepuluh tahun. Berkat kualitasnya yang tinggi, multiplek sangat direkomendasikan sebagai material dari pembuatan furnitur atau peralatan rumah tangga lainnya. Namun, kualitas baik ini kemudian membuat multiplek memiliki harga yang lebih mahal dari pada triplek yang lain. Berdasarkan bahan pembuatannya, multiplek terbagi menjadi dua jenis yaitu, soft wood dan hard wood. Sesuai dengan namanya soft wood terbuat bahan kayu yang lunak, sedangkan hard wood terbuat dari lapisan kayu yang keras.

Selain itu, macam macam triplek yang ketiga yaitu Teakblock. Sesuai namanya triplek jenis ini terbuat dari kayu jati. Karena terbuat dari kayu yang kuat, teakblock biasanya digunakan untuk melapisi triplek jenis blockboard dan multipleks. Teakblock berfungsi untuk memberikan corak dan warna pada kedua triplek yang dilapisi tadi. Harga triplek ini pun sangat terjangkau, sehingga kerap digunakan para pengrajin.

Keempat adalah Blockboard. Triplek ini biasanya terbuat dari tiga lapis kayu. Kayu-kayu yang melapisi blockboard memiliki serat yang berbeda-beda, seperti serat kayu biasa, kayu jati, melamin, dan serat lain yang memiliki corak berbeda. Blockboard memiliki tekstru yang sangat kuat sehingga tidak bisa dibengkokkan seperti triplek lainnya. Jika triplek biasa memiliki ketebalan mencapai 3mm, blockboard memiliki tebal mencapai 3 atau 4 cm.

Macam macam triplek yang kelima adalah Melaminto. Triplek jenis ini digunakan untuk mempercantk tampilan dari plywood. Triplek ini terbuat dari bahan pelapis khusus yaitu polyester dan melamine yang ditambahi pewarna. Warna dari melaminto yang tersedia di pasaran cukup bervariasi, mulai dari warna hijau muda, merah muda, biru muda, dan cream. Sementara warna dasarnya adalah putih. Fungsi utama dari triplek ini adalah untuk bahan pembuatan white board, lemari atau kitchen set.

Jenis triplek terakhir adalah MDF (Medium Density Fiberboard). Sesuai namanya, triplek ini terbuat dari serat kayu keras dan lunak yang kemudian diolah dengan lem, lilin dan dicetak dalam temperatur  yang tinggi. Proses ini kemudian menghasilkan MDF yang kualitas dan kerapatannya lebih baik dari partikel board. Salah satu kegunaan dari triplek MDF ini sebagai bahan pembuatan kotak pengeras suara yang dapat menghasilkan kualitas suara yang lebih baik. Dari sekian jenis triplek di atas adalah hak anda untuk menentukan mau menggunakan yang mana.